Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Begini Cara Menggunakan Google Data Studio

Google Data Studio

 Google Data Studio adalah tool untuk membantu menampilkan data visualisasi agar lebih mudah dibaca dan dipahami. Jadi dengan menggunakan tools dari Google ini Anda bisa menentukan rencana pengembangan website atau strategi bisnis lain dengan lebih cepat dan tepat.

Google Data Studio menyediakan fitur-fitur yang mudah digunakan sehingga ramah untuk pemula yang tidak mengerti cara menggunakan tool ini saat pertama mencobanya. Selain itu Anda juga menghubungkannya dengan platform lain atau aplikasi dan layanan pihak ketiga. Nantinya semua data yang sudah dikumpulkan akan diolah dan ditampilkan ke dalam sebuah dashboard.

Keunggulan Google Data Studio

1. Opsi  Widget Yang Lengkap

Dalam Google Data Studio Anda bisa mengakses lebih banyak pilihan wigdet seperti heat graph, pie chart, time series graph, dan lainnya. Data Studio juga membirikanmu kelulasaan untuk Anda menyajikan data.

2. Sumber Data Luas

Data Studio memberikan keleluasaan dalam mengakses begitu banyak sumber data dan dapat menjangkau ke critical platform seperti Google Analyrics, Google Ads, YouTube, CloudSQL, Search Console, dan lain sebagainya.

3. Mudah Dibagikan

Laporan pada Data Studio dapat dibagikan dengan mudah kepada anggota-anggota tim Anda dengan cepat. Dengan begini Anda dapat mempercepat proses kerja dan meningkatkan produktivitas. Selain itu semua orang pada anggota tim Anda juga dapat melakukan perbaikan, input data, dan sebagainya secara bersamaan.

4. Laporan Mudah Dibaca

Laporan yang disajikan pada Data Studio dapat diatur dengan bebas agar memper mudah penyajian data sesuai dengan prefensi dan dapat dimengerti oleh tim.

5. Laporan Interaktif

Laporan yang dibuat di Google Data Studio dibuat interaktif. Setiap bagan dan grafik yang ditampilkan bisa dibuat semenarik mungkin oleh pengguna.

6. Gratis

Seperti beberapa layanan Google lainnya, Google Data Studio bisa digunakan dengan geratis. Selain itu Anda juga bisa meningkatkan performa bisnis dan website tanpa harus mengeluarkan anggaran tambahan.

7. Mudah Dipelajari

Bagi Anda yang pertama kali menggunakan Google Data Studio jangan khawatir karena tool ini ramah bagi pengguna. Anda dapat memahaminya dengan cepat. Jika Anda masih bingung saat menggunakannya, Google telah menyediakan video tutorial pada menu Help atau Google Data Studio Forums.

Cara Menggunakan Google Data Studio

1. Akses Google Data Studio

Anda harus mengakses Data Studio menggunakan akun Google Anda. Anda akan masuk ke halaman depan Data Studio

2. Menambahkan Sumber Data

Klik tombol Create > Data Source untuk menambahkan sumber data

Selanjutnya Anda bisa memilih sumber data yang diinginkan atau melalui kotak pencarian.

3. Membuat Laporan

Klik Create > Report pada halaman utama Data Studio untuk membuat laporan. Setelah itu Anda bisa membuat laporan sesuai keinginan Anda dengan cara mengubah tata letak, font, ukuran, warna, dan banyak lagi.