Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Begini Pengertian Kerja Remote, Keuntungan, dan Kekurangannya

 

Begini Pengertian Kerja Remote, Keuntungan, dan Kekurangannya
Foto oleh Tima Miroshnichenko dari Pexels

Pernahkah Anda mendengar istilah Remote Working atau dalam bahasa Indonesia disebutnya dengan kerja remote. Saat ini bekerja tidak harus datang ke kantor, terutama saat pandemi Covid 19 seperti ini banyak pekerja kantoran yang kerja dari rumah saja.

Pengertian Kerja Remote

Kerja remote adalah metode kerja untuk sebuah perusahaan di mana para karyawannya dalam bekerja tidak memerlukan kehadiran fisik untuk datang ke kantor.

Biasanya orang bekerja harus hadir di tempat dia bekerja untuk menjalankan aktifitas seperti tugas perusahaan, absensi, dan report pekerjaan. Memang tidak semua perusahaan dan karyawan bisa menerapkan kerja remote seperti halnya perusahaan tambang, karyawan pabrik, pekerja konstruksi, dan lainnya.

Dalam kerja remote karyawan ataupun pemilik perusahaan tidak perlu hadir secara langsung di kantor perusahaan tempat mereka bekerja. Namun perusahaan yang menerapkan kerja remote biasanya akan memberikan ruang untuk bekerja bersama lengkap dengan fasilitas penunjang untuk pekerjaan seperti latop, wifi, dan handphone untuk memperlancar pekerjaan.

Untuk jam kerja biasanya sama dengan kerja normal lainnya yaitu 8 jam sehari dalam 5 hari kerja atau 7 jam sehari untuk 6 hari kerja. Selebihnya akan dihitung kerja lembur (overtime).

Yang membedakan antara keduanya adalah efektifitas. Jika pada kerja normal karyawan akan dituntut untuk mengikuti jam kerja kantor namun kerja remote lebih dituntut pada efektifitas.

Siapa saja yang bisa kerja remote? kebanyakan kerja remote didominasi oleh para programer, desainer grafis, illustrator, dan animator. Namun tidak menutup kemungkinan untuk pekerjaan lainnya yang tidak harus hadir secara fisik di kantor.

Keuntungan Kerja Remote

Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dalam kerja remote. Misal Anda dapat menyelesaikan pekerjaan 4 jam dalam sehari maka sisa waktu Anda bisa digunakan untuk blogging atau menjadi freelancer karena seharian Anda bekerja di depan layar komputer atau laptop.

Mendapat gaji dan benefit yang sama seperti karyawan yang kerja normal. Jika Anda kerja remote dengan perusahaan luar negeri maka gaji yang didapatkan akan jauh lebih besar dibanding perusahaan lokal.

Kekurangan Kerja Remote

Kerja remote juga ada kekurangannya terutama pada jenis atau bidang pekerjaan. Tidak semua bidang pekerjaan bisa dilakukan dengan kerja remote.

Selain itu dalam kerja remote juga memiliki tantangan pada koordinasi . Karyawan yang bekerja di perusahaan yang menerapkan kerja remote haruslah paham dengan penggunaan teknologi untuk memperlancar dalam koordinasi dengan rekan atau atasan di perusahaan.

Kerja remote terkadang membuat garis waktu istirahat dan bekerja menjadi samar. Banyak karyawan yang masih bekerja meskipun jam kantor sudah lewat. Bahkan ada karyawan yang masih dihubungi oleh atasannya ketika diluar jam kerja atau saat larut malam.

Post a Comment for "Begini Pengertian Kerja Remote, Keuntungan, dan Kekurangannya"

Template Blogger Terbaik Rekomendasi