Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Terhindar Dari Pencurian Data Pribadi di Internet

 

Cara Terhindar Dari Pencurian Data Pribadi di Internet

Saat ini semakin banyak terjadi pencurian data pribadi yang dikarenakan kurangnya pemahaman dalam melindungi informasi data pribadi.

Pencurian data bisa dilakukan dari aktivitas online dalam internet Anda. Sebagai contoh, data Anda dicuri melalui akun media sosial, situs website, serta aktivitas pembayaran online.

Tentunya kejahatan siber seperti itu akan sangat merugikan. Cara paling umum yang digunakan para pelaku pencuri data yaitu melalui sebuah kampanye yang bernama phising spear. Dalam hal ini pelaku ingin mengeksploitasi keamanan perangkat lunak gadget Anda.

Dari kegiatan ini pelaku akan mendapatkan data yang diinginkan. Data tersebut berupa alamat email, kata sandi, data pribadi korban.

Untuk terhindar dari pencurian data di internet, mari simak cara-cara yang telah kami tulis dalam artikel ini.

Cara Terhindar Dari Pencurian Data Pribadi di Internet

1. Perbarui OS dan Aplikasi

Perusahaan perangkat lunak selalu memperbarui perangkat lunak mereka. Hal ini bertujuan untuk memperbaiki bug, peningkatan keamanan, menghindari penyusupan data, dan mencegah dari kerentanan lainnya. Maka perbarui OS dan aplikasi yang Anda gunakan dalam perangkat gadget yang Anda miliki.

Hindari juga dalam download aplikasi. Usahakan tidak download dan install aplikasi di luar store resmi.

2. Kunci Smartphone dan Aplikasi Anda

Buatlah kunci atau kata sandi yang rumit namun dapat Anda ingat pada smartphone dan aplikasi yang Anda gunakan. Usahakan menggunakan kombinasi angka dan huruf dengan enam atau delapan digit. Hindari untuk menggunakan kata sandi yang sama pada semua media sosial Anda.

Jika gadget Anda sudah mendukung pemindaian sidik jari dan ID wajah. Anda juga bisa mempertimbangkan untuk menambahkan keduanya dalam gadget Anda.

3. Hindari Asal Klik Tautan

Hindari asal klik tautan yang dapat berupa situs yang menyerupai situs bank, bantuan sosial, pulsa gratis, atau yang lainnya. Perlu diperhatikan bahwa kejahatan siber seperti ini kerap digunakan. Sebelum klik tautan dan membagikan tautan sebaiknya Anda periksa terlebih dahulu keamanannya. Jika itu situs web, perhatikan apakah situs tersebut dimulai dengan https yang secara sederhana dapat diartikan bahwa web tersebut aman.

4. Jangan Bagikan Informasi Pribadi Anda

Informasi pribadi seperti password, PIN, Kode OTP, CVV, dan lainnya harus Anda lindungi dengan baik. Jangan sampai Anda terjebak dalam target penipuan dengan modus pelaku meminta Anda untuk mengirimkan salah satu informasi pribadi yang telah disebutkan di atas.

Selain itu jangan memposting data pribadi ke media sosial. Jangan pernah dengan sengaja mengunggah foto KTP, KK, SIM atau identitas lainnya di media sosial. Hal ini dapat mengundang tindak kejahatan siber oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

5. Waspada Menggunakan WiFi Publik

Hindari untuk menggunakan WiFi publik, WiFi gratis yang berada di tempat umum, kafe, tempat perbelanjaan, bandara, dan lainnya. Sebab ada banyak kejahatan siber dan virus/maleware berbahaya yang mengintai dibalik fasilitas umum dan gratis.

Demikian cara menghindari pencurian data pribadi yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat dan dapat menambah informasi untuk Anda.

Post a Comment for "Cara Terhindar Dari Pencurian Data Pribadi di Internet"

Template Blogger Terbaik Rekomendasi