Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tips Belanja Online Aman, Terhindar Dari Penipuan di Marketplace

 

Tips Belanja Online Aman, Terhindar Dari Penipuan di Marketplace

Pernah gak sih kalian belanja online tapi karena tergiur dengan harga yang murah, barang yang datang malah gak sesuai dengan yang kalian harapkan atau pesan. Bisa juga sudah transfer uang pembelian dan pengiriman, tapi malah disuruh transfer lagi untuk jaminan?. Wajar kalau hal ini membuat orang takut untuk belanja online.

Di sini saya akan memberi tips belanja online aman, agar terhindar dari penipuan di marketplace. Anda bisa mengikuti tips yang saya berikan dibawah ini.

1. Hindari Harga Yang Gak Masuk Akal

Yang pertama hindari toko yang menawarkan harga yang gak masuk akal. Misal harga smartphone yang harusnya punya harga normal Rp. 1.500.000, dijual dengan harga Rp. 500.000. Ini bisa jadi yang dijual kalau gak barang BM, ya ada yang bermasalah dengan barang yang dijual, rusak mungkin. Sebelum membelinya sebaiknya Anda bertanya terlebih dahulu dengan adminnya untuk memastikan kondisi barang tersebut. Jangan sampai karena harga yang murah, jatuhnya jadi mahal karena beli barang yang rusak dan harus menambah biaya servis.

2. Gunakan Jasa Pihak Ketiga

Yang kedua Anda bisa menggunakan pihak ketiga untuk berbelanja online. Bukan berarti yang gak punya toko online di marketplace adalah penipu, tapi setidaknya ketika berbelanja di marketplace uang yang sudah Anda transfer tidak langsung diterima oleh penjual sebelum barang yang Anda beli datang dan sesuai dengan yang Anda pesan. Lalu hindari transfer langsung ke penjual, misal Anda membeli baju di marketplace dan si penjual menghubungi Anda lewat WA untuk transfer langsung ke rekening penjual tanpa harus lewat prosedur dari marketplace. Sebaiknya yang begini Anda hindari, karena tidak ada yang bisa menjamin apakah barang Anda akan dikirim atau tidak, bisa jadi dikirim namun tidak sesuai dengan pesanan.

3. Perhatikan Review dan Diskusi Di Halaman Produk

Anda bisa melihat diskusi penjual dan calon pembeli atau review para pembeli di halaman produk. Jangan terburu-buru membeli barang tersebut meskipun yang ditawarkan lebih murah dan memberi banyak bonus. Sebaiknya Anda sempatkan untuk gulir ke bawah produk sebelum membeli.

4. Perhatikan Tingkat Reputasi

Bagian ini yang menjadi salah satu bagi saya penting, kenapa? karena toko yang berhasil melakukan penjualan produk maka toko tersebut akan mendapat point untuk meningkatkan reputasi toko. Reputasi toko biasanya berupa icon bintang atau lencana seperti Bronze, Silver, Gold, dan Diamond.

5. Pilih Toko Berlogo Khusus

Untuk meminimalisir penipuan, Anda bisa perhatikan toko yang berlogo khusus. Biasanya setiap marketplace telah menyiapkan logo khusus untuk toko-toko premium. Biasanya ada logo centang ungu, logo bertuliskan power merchant, atau yang lainya.

Untuk mendapatkan logo khusus ini, toko tersebut harus mendaftar dan membayar biaya langganan. Tidak hanya biaya langganan, namun pemilik toko harus melakukan verifikasi dengan mengirim data diri dan foto KTP.

Dalam menghindari penipuan itu juga tergantung pada kitanya. 5 Tips ini adalah yang sering saya gunakan untuk sebagai pertimbangan sebelum belanja online terutama di marketplace. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Tips Belanja Online Aman, Terhindar Dari Penipuan di Marketplace"

Template Blogger Terbaik Rekomendasi