Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Begini Perbedaan Domain, Hosting, dan Server

 

Begini Perbedaan Domain, Hosting, dan Server

Ada beberapa istilah yang harus Anda pahami sebelum membuat website. Hal ini bertujuan agar Anda tidak slah paham dalam mengartikan istilah yang satu dengan yang lainnya.

Dalam pegelolaan website, istilah ini akan sering Anda jumpai. Istilah ini adalah domain, hosting, dan server. Ketiga istilah tersebut akan saling terkait namun memiliki arti dan fungsi yang berbeda.

Perbedaan Domain, Hosting, dan Server

Domain

Domain adalah nama alamat suatu website. Keberadaan domain sangat penting. Ibarat rumah, jika tidak ada alamatnya bagaimana orang bisa mengetahui dan mengunjungi website. Jadi fungsi domain adalah untuk menunjukan identitas website.

Hosting

Jika domain adalah alamat rumah, maka hosting merupakan lahan dimana rumah itu dibangun. Anda bisa menggunakan hosting gratis yang disedianakan oleh platform website seperti; Blogspot, WordPress, dan lainnya. Namun jika Anda memiliki kemampuan yang cukup, Anda bisa menyewa hosting pada perusahaan penyedia layanan hosting. Dengan mempunyai hosting Anda dapat menyimpan informasi, file, script, gambar, maupun video pada website.

Server

Sedangkan server merupakan sistem komputer yang mempunyai layanan khusus dalam suatu jaringan komputer. Server memiliki peran penting untuk mengirim dan menerima informasi secara lebih cepat. Hardware server terdiri dari processor dan RAM untuk menjalankan network operating system.

Server sendiri memiliki banyak jenis seperti; server proxy, server data, web server, mail server, FTP server, DHCP server, audio video server, game server, file server.

Post a Comment for "Begini Perbedaan Domain, Hosting, dan Server"

Template Blogger Terbaik Rekomendasi