Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wajib Diketahui Begini Tips Berkemah Di Pantai

Wajib Diketahui Begini Tips Berkemah Di Pantai
Photo by freepik


Kamping merupakan salah satu aktivitas luar ruangan yang dapat dilakukan untuk menikmati libur akhir pekan yang singkat. Kegiatan kemping adalah jenis kegiatan yang tidak memerlukan biaya yang besar namun tetap bisa memberi kesenangan. Jika Anda seorang traveler, Anda bisa memangkas biaya penginapan dengan kegiatan berkemah ini. Untuk lokasi kamping Anda bisa memilih pantai sebagai salah satunya, Anda bisa membuat tenda dan menikmati suasana pantai serta bermalam di sana.

Dalam kegiatan kamping tentunya ada trik khusus yang harus dipahami oleh para traveler yang akan kemping di pantai. Berikut ini tips yang wajib diketahui untuk berkemah di pantai.

1. Perhatikan Cuaca

Kamping adalah kegiatan luar ruangan dimana seseorang akan berkemah di ruang terbuka. Cuaca tentunya sangat berpengaruh terhadap kegiatan kamping tersebut. Anda pastinya tidak ingin kagiatan kamping terganggu karena hujan yang lebat bukan?

Ada baiknya sebelum berangkat kamping Anda memastikan cuaca disekitar lokasi terlebih dahulu. Anda juga bisa membaca tanda-tanda alam seperti mendung yang bisa menjadi acuan terjadinya hujan. Atau pilihlah hari diluar musim penghujan.

2. Pasang Surut Air Laut

Pasang surut air laut secara teori dipengaruhi oleh gravitasi bulan terhadap bumi. Laut biasanya akan mengalami pasang ketika bulan purnama atau pada setiap tanggal 15 pada kalender hijiriyah. Kalender hijiriyah dibangun dengan berdasarkan rata-rata siklus sinodik bulan. Jadi untuk Anda yang ingin melakukan aktivitas kamping dipantai pastikan untuk melihat tanggal pada kalender hijriyah.

Dengan patokan kalender hijiriyah Anda bisa memutuskan dimana tempat yang aman untuk mendirikan tenda dari terjangan gelombang pasang air laut. Jangan sampai asal dalam mendirikan tenda di bibir pantai, bisa jadi ketika Anda tengah terlelap tidur, tenda hanyut diterpa gelombang pasang air laut.

3. Cari Tempat Yang Terlindungi Dari Angin Laut

Pada umumnya angin laut di pantai akan lebih kencang saat malam hari. Pasanglah tenda di tempat yang terlindungi dari terpaan angin laut secara langsung. Anda bisa memilih tempat seperti dibalik batu karang, dibalik pohon, atau semak-semak yang tidak terlalu lebat. Objek tersebut dapat melindungi dan meredam tuipan angin pada tenda.

4. Pilihlah Tempat Berpasir Padat

Kawasan pantai tentunya berbeda dengan gunung, jika digunung memiliki tanahnya yang padat untuk menancapkan patok tenda dengan kuat. Berbada halnya dengan di kawasan pantai, tidak semua kawasan yang dekat dengan bibir pantai memiliki tanah dan pasir yang padat. Anda harus memilih kawasan yang agak jauh dari bibir pantai yang biasanya memiliki pasir yang padat. Disana Anda bisa mendirikan tenda dengan patok menancap dengan kuat.

Jika Anda juga akan melakukan aktivitas memasak dan menyalakan api unggun carilah tempat yang cukup luas. Namun membuat api unggun di pantai bukanlah hal yang mudah, memingat kencangnya angin yang menerpa. Ada trik khusus untuk membuat api unggun di pantai. Buatlah lubang sedalam 10-15 cm sebelum menumpuk kayu lalu buatlah api dari dalam galian.

5. Jaga Kebersihan Lingkungan Dan Jangan Membuang Sampah Sembarangan

Pasir merupakan benda yang dapat dengan mudah menempel pada kulit dan pakaian. Pastinya ada bagian tubuh dan pakain yang kotor tekena pasir ketika Anda bermain dipantai. Pastikan sebelum masuk kedalam tenda Anda sudah membersihkanya. Bersikan juga peralatan kamping Anda dengan mencucinya dengan air bersih bukan dengan air laut. Karena air laut akan membuat terasa lengket dan merusak peralatan tersebut.

Jangan meninggalkan sampah dan membuangnya sembarangan. Buanglah sampah di tempat sampah atau bawalah pulang jika di kawasan pantai tersebut tidak tersedia tempat sampah. Jangan korbankan alam hanya untuk kesenangan sesaatmu.

Post a Comment for "Wajib Diketahui Begini Tips Berkemah Di Pantai"

Template Blogger Terbaik Rekomendasi