Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Dampak Negatif Kecanduan Minuman Beralkohol

 

Dampak Negatif Kecanduan Minuman Beralkohol
Photo by Unsplash

Kecanduan minuman beralkohol dapat berdampak negatif bagi tubuh. Efek dari minuman beralkohol ini tidak boleh diremehkan. Minuman ini dapat menimbulkan berbagai macam gangguan kesehatan.

Berikut Ini Dampak Negatif Minuman Beralkohol

1. Gangguan Pencernaan

Minuman beralkohol dapat merusak jaringan pencernaan, mengganggu proses pencernaan, dan menimbulkan malnutrisi.

Alkohol berpotensi meningkatkan asam lambung dan sensasi panas pada dada dan lambung. Efek lainnya dapat menyebabkan masalah kesehatan lain seperti, diare, kembung, kanker lambung, dan sebagainya.

2. Peradangan Pankreas

Minuman beralkohol juga dapat memicu menumpuknya enzim di dalam pankreas. Hal ini dapat menyebabkan peradangan pada pankreas. Peradangan pankreas dapat ditandai dengan sakit perut, mual, muntah, diare, demam, dan detak jantung meningkat.

3. Memicu Kerusakan Hati

Konsumsi minuman alkohol berlebih dapat menyebabkan kerusakan hati berupa peradangan hati. Dampak yang lebih serius berupa sirosis atau pembentukan jaringan parut. Sirosis dapat menurunkan fungsi hati.

4. Menyebabkan Kecanduan

Dampak yang paling umum dari konsumsi minuman beralkohol adalah kecanduan atau adiksi alkohol. Penderita akan sulit lepas dari jeratan minuman beralkohol.

Pecandu akan mengalami withdrawal syndrom yang parah ketika berusaha mengurangi konsumsi minuman beralkohol. Akibatnya mereka akan mencari atau kembali mengonsumsi minuman beralkohol.

5. Infeksi Paru-Paru

Infeksi paru-paru dapat terjadi pada pencandu minuman beralkohol. Karena konsumsi alkohol berlebih, sistem imun tubub akan melemah. Sehingga tubuh beberapa organ tubuh seperti paru-paru kesulitan untuk melawan virus dan bakteri jahat yang masuk ketubuh. Permasalah paru-paru yang terjadi seperti pneumonia dan tuberkulosis.

6. Memicu Kerusakan Jantung

Kerusakan jantung dapat terjadi pada pecandu minuman beralkohol. Alkohol dapat membuat jantung gagal memompa aliran darah dan dapat memicu kerusakan pada jantung, stroke, gagal jantung, dan hipertensi.

7. Kerusakan Pada Ginjal

Alkohol dapat meningkatkan produksi urine dalam tubuh. Semakin banyak alkohol yang dikonsumsi semakin meningkat jumlah urine yang dproduksi. Hal ini dapat mengganggu ginjal dalam mengatur aliran urine dan cairan tubuh. Selain itu dapat negatif lainnya tubuh mengalami dehidrasi karena keseimbangan elektrolit dalam tubuh terganggu.

8. Sakit Kepala

Seusai mengonsumsi minuman beralkohol tak sedikit yang mengeluhkan sakit kepala. Kondisi tersebut karena efek etanol yang terkandung dalam minuman beralkohol. Etanol memicu terjadinya vasodilatasi. Pembuluh darah akan mebesar dan merangsang saraf pada otak yang kemudian menyebabkan nyeri pada kepala.

9. Kerusakan Pada Otak

Dalam jangka yang panjang mengonsumsi minuman beralkohol dapat merusak kinerja otak dengan memperlambat penyaluran informasi pada saraf. Hal ini dapat mengganggu konsentrasi, koordinasi, dan pemikiran.

Selain itu pecandu juga rentan mengalami gangguan suasan hati, gangguan perubahan perilaku, hilang ingatan, halusinasi, hingga kejang.

Dampak negatif dari mengonsumsi minuman beralkohol yang berlebih dapat menimbulkan berbagai macam komplikasi dan gangguan kesehatan pada tubuh. Masih banyak lagi dampak negatif yang belum ditulis dalam artikel ini.

Post a Comment for "Dampak Negatif Kecanduan Minuman Beralkohol"

Template Blogger Terbaik Rekomendasi