Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Begini Menggunakan Klakson Sesuai Etika dan Fungsinya

 

Begini Menggunakan Klakson Sesuai Etika dan Fungsinya

Klakson merupakan komponen yang ada pada kendaraan bermotor yang memiliki fungsi sebagai alat untuk berkomunikasi antara pengemudi kendaraan dengan pengendara lain maupun pejalan kaki. Melalui isyarat bunyi yang dihasilkan oleh klakson para pengendara dapat memperingati ataupun mengingatkan pengendara lain maupun pejalan kaki.

Suara klakson didesain dengan tingkat kebisingan tertentu. Klakson harus terdengar dalam jarak 60 meter dengan tingkat bunyi paling rendah 83 desibel dan maksimal 118 desibel.

Penggunaan klakson yang salah bisa menimbulkan ketidak nyamanan antara pengguna jalanan. Karena hal ini kerap memicu pertikaian di jalan. Maka dari itu menggunakan klakson ini ada etikannya, tidak asal pencet klakson sehingga mengganggu orang disekitar Anda.

Begini Menggunakan Klakson Sesuai Etika dan Fungsinya

Klakson memiliki tingkat kebisingan tertentu, jika ditekan terus dan bunyi klakson semakin nyaring bisa diartikan agresif. Sebaiknya bunyikan klakson dengan bijak jangan sampai mengganggu orang lain.

Disarankan tidak membunyikan klakson jika tidak diperlukan ketika berada di sekitar rumah sakit, rumah ibadah, area yang bertanda terompet dicoret dan tempat asing karena hal ini akan dianggap mengganggu dan arogan.

Hindari membunyikan klakson untuk mendesak penggendara lain dan pejalan kaki saat lampu hijau menyala. Secara etika ini tidak sopan.

Anda bisa menggunakan klakson ketika akan menyalip, bunyikan klakson sekali, dua kali sebaigai kode Anda akan menyalip dan sebagai tanda terima kasih karena telah diberi jalan.

Selain itu Anda juga bisa menggunakan lampu jauh kendaraan sebagai isyarat ketika hari sudah malam.

Post a Comment for "Begini Menggunakan Klakson Sesuai Etika dan Fungsinya"

Template Blogger Terbaik Rekomendasi