Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daun Kemadu, Si Penyengat Yang Berbahaya

Daun Kemadu


Daun kemadu (Laporeta Sinuata) bisa ditemui disetiap daerah Indonesia dengan berbagai sebutan kemlandu, kamlando, kemado. Daun Kemadu yang dikenal dengan daun neraka ini sangat berbahaya bila mengenai kulit pada anggota tubuh.

Bulu sengat yang terdapat pada daun tersebut diketahui memiliki efek yang sama dengan sengatan semut dan lebah. Efek yang timbul ketika terkena daun ini adalah panas yang sangat menyengat, pedas,dan perih. Bahkan bisa mengakibatkan kematian apabila sengatan daun kemadu terlalu banyak mengenai area kulit tubuh.

Ketika baru tumbuh hingga ketinggian satu meter daun kemadu sedikit menyerupai daun tembakau, hanya saja agak lebar memanjang dan mempunyai bulu-bulu yang halus. Tanaman ini bisa tumbuh menjadi pohon besar dan mampu bertahan hidup bertahun-tahun.

Saat artikel ini ditulis belum ada obat medis untuk menyembuhkan efek dari sengatan daun kemadu ini. Adapun cara untuk menetralisir rasa sakit bisa menggosoknya pada rambut hingga panas, atau bisa juga dengan nembuk akar dari daun kemadu ini, lalu mengusapkan pada area yang terkena bulu sengat daun kemadu.

Perlu diperhatikan apabila terkena bulu sengat daun kemadu jangan mencucinya dengan air atau sabun. Karena hal ini akan menambah rasa sakit pada area yang terkena bulu daun kemadu.

Post a Comment for "Daun Kemadu, Si Penyengat Yang Berbahaya"

Template Blogger Terbaik Rekomendasi