Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Alergi Cokelat: Kenali Tandanya, Gejala, Dan Penyebabnya

 

Bagi sebagian orang cokelat adalah makan yang lezat, tapi ada juga yang alergi terhadap makanan cokelat.

Alergi Cokelat: Kenali Tandanya, Gejala, Dan Penyebabnya


Apa Itu Alergi Cokelat? 

Alergi terhadap cokelat umumnya jarang terjadi. Reaksi yang terjadi bukan sepenuhnya disebabkan oleh cokelat itu sendiri namun bahan-bahan yang dicampurkan saat produksi cokelat, seperti gluten, jagung, kacang, kafein, dan bahan lainnya ditengarai sebagai penyebabnya.

Alergi cokelat bisa terjadi sesaat atau beberapa jam setelah penderitaan mengkonsumsi cokelat maupun produk olahan cokelat seperti kue, susu, biskuit, dan lainnya. Perbedaan tersebut bergantung pada sistem imun tubuh. 

Apa Penyebab Alergi Cokelat? 

Penyebab alergi cokelat adalah reaksi atipikal dari sistem kekebalan tubuh atas zat yang terkandung pada olahan cokelat. Akibatnya tubuh mendeteksi zat tersebut sebagai ancaman berbahaya sehingga dengan otomatis antibodi akan terbentuk dan memberikan perlawanan yang kemudian menjadi reaksi alergi.

Gejala Akibat Alergi Cokelat

Gejala yang timbul akibat alergi cokelat pada umumnya sama dengan alergi pada olahan makan lainnya. Alergi cokelat bisa bersifat ringan maupun berat. Apabila tidak segera ditangani bisa merenggut jiwa. 

Berikut ini tanda alergi cokelat. 

1. Gatal

Pada umumnya gatal sebagai tubuh ketika terjadi alergi. Apabila anda mengalami gatal pada beberapa bagian tubuh setelah mengkonsumsi cokelat, kemungkinan ini bentuk dari reaksi alergi cokelat atau bahan yang ditambahkan pada cokelat. 

2. Bercak Merah

Selain gatal pada bagian tubuh. Alergi cokelat bisa berupa bercak merah pada bibir, bagian mata, leher, dan dada.

3. Sakit Kepala

Alergi cokelat juga bisa ditandai dengan sakit kepala. Kondisi ini disebabkan karena tubuh yang sensitif terhadap kandungan pada cokelat seperti tiramin, teobromin, fenitelinamin, dan kafein. 

4. Batuk dan Sesak Nafas

Batuk juga bisa terjadi pada penderita alergi cokelat. Selain itu juga disertai dengan sesak nafas. Perlu penanganan medis yang serius.

Sesak nafas ini bisa disebut dengan syok anafilaksis. Penderita biasanya mengalami pembengkakan pada tenggorokan sehingga menghambat sirkulasi udara yang keluar dan masuk paru-paru.

Pencegahan Alergi Cokelat

Seperti pada alergi lainnya, alergi cokelat juga tidak benar-benar bisa disembuhkan. Pencegahan yang bisa dilakukan adalah dengan tidak mengkonsumsi cokelat ataupun olahan cokelat lainnya. 

Post a Comment for "Alergi Cokelat: Kenali Tandanya, Gejala, Dan Penyebabnya"

Template Blogger Terbaik Rekomendasi