Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Menggunakan Google Trends Untuk Konten Marketing

5 Cara Menggunakan Google Trends Untuk Konten Marketing

Google Trends saat ini banyak dimanfaatkan untuk media maupun bloger. Tentunya ini berkaitan dengan jumlah pengunjung web dan juga optimasi AdSense. Namun untuk mendapatkan jumlah kunjang yang signifikan tentunya juga bukan hal yang mudah, ini dikarenakan pemilihan keyword yang salah atau topik yang tidak tepat.

Google Trends adalah salah satu layanan yang bisa digunakan untuk melakukan riset kata kunci pada topik yang sedang hangat-hangatnya. 

Layanan ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2006 dan dikhususkan bagi para marketer untuk mencari data di Google pencarian untuk dibuat konten yang menarik. Google Trends termasuk layanan Google yang cukup lengkap dari banyak fitur yang menarik seperti; menampilkan topik yang sedang menjadi trend, mencari keyword yang sering dipakai, membandingkan performa antar keyword, dan mudah digunakan. Selain itu Google Trends juga bisa anda gunakan dengan gratis.


Cara Menggunakan Google Trends

1. Buka Google Trends Dengan Akun Google

Jika Anda sudah memiliki akun Google, Anda tinggal masuk ke halaman pencarian Google, ketik atau klik saja Google Trends.



Dibagian ini akan menampilkan contoh peta dengan kata kunci tertentu. Dibawahnya akan menampilkan grafik kata kunci.

Google Trends juga menyediakan tombol untuk menyaring topik berdasarkan waktu, negara, dan jenis penelusuran lain seperti news search, web search, Youtube, Google Shoping.



2. Mencari Keyword di Google Trends



Untuk mencari keyword Anda tinggal mengetik di dalam kolom masukan topik atau istilah penelisuran. Cari keyword yang ingin Anda riset.

3. Menganalisis Grafik Google Trends



Setelah Anda mencari keyword yang cocok untuk riset maka akan muncul halaman grafik. Selanjutnya silahkan untuk menganalisa apakah keyword yang Anda riset memiliki prospek yang tinggi atau tidak.

4. Menganalisa Minat Berdasarkan Negara



Selain melihat grafik secara general, Anda juga bisa melihat grafik minat berdasarkan negara. Dengan informasi ini Anda bisa memperluas sasaran pasar. 

5. Melakukan Perbandingan Dengan Keyword Lain



Anda juga bisa melakukan perbandingan keyword lain dengan keyword yang sudah Anda cari. Anda akan mendapatkan perbandingan performa dari kedua keyword tersebut. Sehingga bisa menentukan keyword mana yang akan Anda gunakan.

Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam menggunkan Google Trends untuk mengembangkan bisnis Anda. Terimakasih.

Post a Comment for "5 Cara Menggunakan Google Trends Untuk Konten Marketing"

Template Blogger Terbaik Rekomendasi