Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Deadlifting Untuk Pelari

Deadlifting
Photo by freepik.com



Ketika pelari memikirkan tentang latihan kekuatan, banyak dari pelari yang langsung melakukan squat. Melakukan squat memang bagus, namun ketika anda tidak memiliki keseimbangan otot maka resiko cedera sangat besar. Anda sebagai pelari akan lelah dari jarak latihan, squat bisa menjadi beban extra yang tidak anda butuhkan.

Ada hal lain yang bisa anda lakukan dan ini lebih efektif yaitu deadlifting.

Deadlifting erat kaitannya dengan berlari. Selain membuat anda lebih kuat, deadlifting melatih anda mengayun pinggul ke depan, menyelaraskan tubuh dengan lutut dan kaki seperti ketika berlari. Selain itu anda juga akan dapat melatih kekuatan otot bokong dan paha belakang yang merupakan bagian dari rantai posterior.

Deadlifting dapat membantu menghidari dari nyeri lutut yang biasa terjadi ketika volume latihan meningkat atau saat anda bekerja keras saat perlombaan. Seringkali nyeri lutut disebabkan oleh rantai posterior yang lemah atau "quad dominan". 

Deadlifting jika dilakukan dengan benar akan memicu otot paha dan bokong, memaksa paha depan anda untuk memainkan lebih banyak peran pendukung. Yang menciptakan kebiasaan otot yang baik dan menghidarkan dari nyeri lutut.

Deadlifting membantu mempertahankan bentuk lari yang kokoh lebih lama.

Jika dilakukan dengan benar, deadlift melatih rotasi scapular yang berkontribusi pada batang tubuh yang kokoh dan tegak. Selain itu rotasi scapular dapat membantu menjaga udara anda tetap tetbuka. Kelelahan saat melakukan perlombaan akan membuat bentuk tubuh anda merosot kedepan. Namun dengan latihan angkat beban akan membantu tubuh tetap tegak dan akan memberi anda lebih banyak daya tahan.

Deadlifting efisen waktu

Anda bisa melakukan sesi deadlift selama 30 menit. Ada sejumlah skema rep yang bisa anda ikuti, namun tujuan disini untuk mendapatkan tenaga dan kekuatan secara keseluruhan bukan mendapatkan otot.

Mengangkat beban berat sebanding dengan kemampuan anda sendiri selama 4-6 repetisi akan mencapai kekuatan itu. Cobalah formula 5 x 5, dimana anda melakukan pemanasan dengan beberapa set yang lebih ringan sebelum menyelesaikan 5 set dengan 5 repetisi pada beban yang lebih menantang. Metode lain yang sangat efektif adalah metode daya berkelanjutan maksimum, dimana anda membangun ke 5 set yang lebih berat sebelum turun ke set 4, 3, 2, dan 2 lagi.

Post a Comment for "Manfaat Deadlifting Untuk Pelari"

Template Blogger Terbaik Rekomendasi